» Unlabelled » Daftar Tempat Wisata Alam di Jawa Timur Terindah

Daftar Tempat Wisata Alam di Jawa Timur Terindah

Daftar Tempat Wisata Alam di Jawa Timur Terindah - jawa timur, provinsi terluas di pulau Jawa ini menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang menarik. Oleh maka itu, sering bila Jawa Timur tak jarang dijadikan area berlibur setelah Yogyakarta. Di provinsi ini terdapat banyak sekali objek wisata alam maupun buatan yang sayang buat dilewatkan.

Salah satu kota yang menjadi tujuan tak sedikit wisatawan di jawa timur yaitu Malang. Di kota ini terdapat objek wisata jatim Park Kelompok, Museum Angkut, BNS, dan masih tak sedikit lagi. selain Malang dan jatim Park Kelompok, jawa timur konsisten memiliki ruangan wisata lain yang sayang utk Anda lewatkan. Inilah 10 ruangan wisata alam di jawa timur yang wajib Anda kunjungi.

1. Gunung Bromo, Malang
Ya, satu tempat wisata alam di jawa timur yang wajib Anda kunjungi ialah Gunung Bromo. Rasanya belum lengkap yang merupakan seorang traveler jikalau tidak mengunjungi Gunung Bromo.

Keindahan Gunung Bromo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, namun pun wisatawan mancanegara. Dgn Trick geografis, Gunung Bromo terletak di empat Kabupaten yakni Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Untuk mencapai Gunung Bromo Anda bisa mengambil rute dari Malang, Pasuruan atau Probolinggo. Menikmati sunrise, menjelajah pasir berbisik, dan menikmati keindahan kawah Bromo merupakan tiga factor yang harus Anda lakukan di sini.

2. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Di kalangan masyarakat luas, Pantai Papuma pula dikenal pun yang merupakan Pantai Tanjung Papuma sebab posisi daratannya yang menjorok ke laut menyerupai tanjung.

Pantai Papuma memiliki pemandangan yang indah sekali. Perpaduan antara pasir putih pula batu karang yang menyebar dipinggir pantai. juga sebagai ciri khas dari Pantai Papuma yaitu tujuh karang akbar yang menjulang di pantai. Ukuran yang besar dari karang-karang ini membuatnya menyerupai satu buah pulau.

3. Kawah Ijen, Bondowoso
 
Kawah Ijen berlokasi di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Lokasi wisata alam di Jawa Timur ini merupakan kawah asam paling akbar di dunia dgn tinggi dinding kaldera mencapai 500 meter dan luas kawah mencapai 5,466 hektar. Kawah Ijen ini pernah digunakan yang merupakan tempat syuting salah satu film layar lebar Indonesia.

Keindahan Kawah Ijen serta sudah tersohor hingga mancanegara. Terhadap pagi hari, pemandangan di sini amat sangat amat luar biasa. Perpaduan antara sinar matahari berwarna orange dan warna kawah hijau toska nan teduh. Ketika dini hari, Anda bisa menikmati fenomena alam blue fire yang menakjubkan. Namun untuk menikmati keindahan kawah ini, Anda harus melakukan pendakian ke Gunung Ijen apalagi, jadi janganlah lupa utk menyiapkan stamina Anda.

4. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Pulau Merah yakni pantai dengan ciri-ciri seperti kebanyakan pantai di Brazil. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, sehingga cocok buat ruangan berselancar.

Tidak Cuma pemandangan sunset yang amazing di pantai ini, nyatanya Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan selancar berkelas dunia di Pulau Jawa. Kondisi ombak di sini yang mencapai empat sampai lima meter amat sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai macam tingkatan. Sambil berselancar di atas gulungan ombak, Anda akan menikimati indahnya pemandangan pegunungan hijau dan angin yang sejuk.

5. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air Terjun Madakaripura berlokasi di Kabupaten Probolinggo dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru. Sehingga saat Anda memutuskan utk mengunjungi Gunung Bromo, sebaiknya mampir buat melihat keindahan air terjun ini.

Air Terjun Madakaripura yakni air terjun paling atas di pulau Jawa dan yakni air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura. Air terjun ini dikeliligi dinding yang luar biasa tinggi (200 meter) dgn lumut-lumut hijau yang membuatnya makin memukau. Ada satu buah gua yang terdapat di kurang lebih air terjun. Konon. gua ini adalah gua yang menjadi ruangan meditasi Patih Gajahmada.

6. Taman Nasional Baluran, Situbondo

Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, tepatnya di Banyuwangi sektor utara. Taman Nasional Baluran merupakan padang savana terluas di pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang bermacam macam. Berkunjung ke ruangan ini membuat Anda seoalah berada di Afrika. Itulah mengapa Taman Nasional ini tak jarang disebut sebagai Afrikanya Indonesia.

Di ruangan wisata alam di jatim ini, Anda akan disuguhi pemandangan kawanan hewan yang hidup lepas seperti di Afrika dan pun pemandangan kira kira 444 jenis tumbuhan asli yang khas.

7. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu yakni sebuah pulau kecil yang masih dalam satu tempat dgn Pantai Sendang Biru, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pulau Sempu merupakan cagar alam yang memiliki bermacam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Yang membuat Pulau Sempu ini teristimewa adalah Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau.

Untuk mencapai Segara Anakan ini, Anda harus melaksanakan trekking selama dua jam melalui hutan dan jalan yang curam. Karena air di sini teramat tenang, Anda dapat jalankan gerakan berenang ataupun kamping bersama teman-teman. Tetapi karena Pulau Sempu termasuk cagar alam, sebaiknya Anda tidak mencemari lingkungan ini bersama membuang sampah sembarangan ataupun merusak ekosistemnya.

8. Ranu Kumbolo, Malang
 
Ranu Kumbolo berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo, Anda harus mempersiapkan kondisi fisik yang matang. Paling tidak, jalankan jogging dan olahraga ringan satu minggu sebelum keberangkatan, lantaran Anda harus trekking sewaktu 4-5 jam buat mencapai danau ini.

Tak perlu khawatir bosan lantaran selama perjalanan menuju Ranu Kumbolo Anda dapat disuguhi pemandangan batuan terjal, bukit yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus, juga kepulan asap tebal Gunung Semeru. Oh ya, Anda dilarang mandi, berenang, atau buang air di danau ini karena airnya No. wahid jernih dan mampu diminum cepat .

9. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai klayar berlokasi di Kecamatan Donorojo. Ruang wisata alam di jatim ini terbilang masih alami, sehingga jalanan menuju pantai ini pass sulit. Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Keistimewaan Pantai Klayar selain pasirnya yang seputih susu, di sini terdapat batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Batuan karang yang ada di Pantai Klayar ini pula tak jarang disamakan bersama karang di Tanah Lot, Bali.

10. Songa Rafting, Probolinggo

Bagi Anda yang menyukai aktivitas pemicu adrenalin, mengunjungi Songa Rafting adalah pilihan yang sesuai. Songa Rafting berlokasi di jalan Krajan Condong, Wangkal, Gending, Probolinggo.

Sungai yang dipakai untuk rafting adalah Sungai Pekalen. Ada dua paket wisata rafting yang dapat Anda pilih, ialah Songa Atas dan Songa Bawah. Mengikuti trip Songa Atas, tatkala 2 jam Anda bakal menikmati keindahan hutan hujan tropis, dgn udara yang sejuk dan sekian tidak sedikit fenomena alam seperti air terjun dan gua kelelawar. Sedangkan trip Songa Bawah, Anda akan mengarungi 34 jeram dgn beraneka level sewaktu 2 jam.

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

Posting Komentar